Saturday, January 20, 2007

KIsah Si Pohon Perkasa

Jika di negara-negara lain dongeng hanya dipercaya oleh anak-anak, di Indonesia justru orang-orang dewasa lah yang menanti penuh harap perwujudan tokoh-tokoh dalam dongeng (saya baca kalimat ini di Kompas, tapi lupa tanggalnya). Mungkin itu sebabnya Jepang dengan mudah menjarah bangsa ini dengan menamakan dirinya sebagai “saudara tua,” “pelindung Asia” pada awal kedatangannya. Dan juga betapa orang sangat mengelu-elukan kedatangan Ratu Adil, Satria Piningit yang akan menyelamatkan bangsa ini (menurutku setiap orang bisa menyelamatkan tanah air ini bersama-sama). Tapi kali ini dongeng yang dipercaya orang dewasa ini ternyata membuahkan kebaikan.


( Tulisan di bawah ini berdasarkan liputan Trans TV, Reportase, 28 Agustus ‘06)

Sebuah pohon besar tetap kokoh berdiri di tengah rancangan lintasan busway di bilangan Harmoni, Jakarta. Tak ada yang berani menebangnya. Bahkan pihak kontraktor busway sempat mengadakan sayembara dan menjanjikan hadiah besar bagi siapapun yang berhasil menebang pohon ini. Konon kabarnya, ada satu orang yang pernah mencoba menebang pohon ini. Tapi kemudian si penebang menjadi lumpuh, kemudian meninggal dunia. Beberapa orang malahan sering mengadakan ritual khusus untuk memuja pohon raksasa ini.

Dinas Pertamanan Jakarta menolak menyatakan pohon itu sebagai pohon keramat. Namun mereka berkata bahwa pohon itu memang tak akan ditebang untuk menjaga keberadaan jalur hijau di daerah itu. Lintasan busway akan dilebarkan di kanan dan kiri pohon perkasa tersebut, sehingga dapat dilalui busway.

Satu pohon untuk menjaga keseimbangan ekosistem…hmm…agak aneh kedengarannya. Karena jauh sebelum peristiwa ini, sudah ada 1300 pohon di jalur hijau Jakarta yang ditebang untuk pembangunan monorel Pulogadung – Kalideres yang sekarang tak jelas kelanjutannya.

Tapi bagaimanapun karena dongeng ini menyelamatkan hidup satu pohon dan sedikit oksigen bagi orang-orang yang melintas di sekitarnya, kali ini saya mendukung dongeng tentang Si Pohon Perkasa.

Tapi alangkah membanggakan jika setiap orang di negara ini benar-benar percaya bahwa setiap pohon memang punya “kuasa” dengan alasan yang tepat dan rasional. Bahwa si pohon bisa melindungi kita dari panas matahari, polusi, kekurangan udara sehat, sampai banjir dan tanah longsor. Maka Si Pohon Perkasa, dan teman-temannya memang harus diselamatkan!

October 5, 2006

No comments:

Stories inside my head

Share this blog